BAB I

1.1 Latar Belakang
Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi saat ini sangat cepat terutama dibidang komputer multimedia.
Multimedia dapat mempermudah seseorang untuk berinteraksi secara interaktif.
Penggunaan multimedia merupakan suatu sarana media untuk mendukung penyajian
informasi. Informasi yang disajikan dengan multimedia sangatlah membantu
termasuk dalam bidang edukasi untuk murid-murid sekolah.
Alam semesta memang
tak terkira luasnya, terdapat kira-kira lebih dari 100 miliar galaksi. Galaksi
adalah suatu sistem bintang yang berjumlah miliaran. Tata surya kita adalah
salah satu anggota galaksi Milky Way (Galaksi Bimasakti). Sistem tata surya
terdiri atas matahari sebagai pusat, yang di kelilingi delapan planet dan bulan-bulannya
serta benda-benda kecil antar planet, di antaranya adalah asteroid, komet dan
meteoroid. Sedangkan definisi Planet itu sendiri adalah benda angkasa yang
tidak mempunyai cahaya sendiri, berbentuk bulatan, dan beredar mengelilingi
bintang (Matahari). Dan delapan planet yang mengitari matahari yaitu Merkurius,
Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus & Neptunus.
Untuk penyajian materi yang lebih hidup, interaktif serta menarik, penulis memanfaatkan teknologi baru saat ini yaitu Augmented Reality. Augmented reality (AR) adalah teknologi yang digunakan untuk menggabungkan obyek pada dunia maya ke dunia nyata secara real-time. Teknologi Augmented Reality ini prinsipnya secara umum masih sama dengan Virtual Reality, yaitu bersifat interaktif, immersion, real-time dan obyek virtual biasanya berbentuk tiga dimensi. Namun kebalikan dari virtual reality yang menggabungkan obyek nyata kedalam lingkungan virtual. Augmented Reality menggabungkan obyek virtual pada lingkungan nyata (Ronald T. Azuma, 1997). Kelebihan dari Augmented Reality dibandingkan Virtual Reality adalah pengembangannya yang lebih mudah dan murah (Kauffman, 2002).
Untuk penyajian materi yang lebih hidup, interaktif serta menarik, penulis memanfaatkan teknologi baru saat ini yaitu Augmented Reality. Augmented reality (AR) adalah teknologi yang digunakan untuk menggabungkan obyek pada dunia maya ke dunia nyata secara real-time. Teknologi Augmented Reality ini prinsipnya secara umum masih sama dengan Virtual Reality, yaitu bersifat interaktif, immersion, real-time dan obyek virtual biasanya berbentuk tiga dimensi. Namun kebalikan dari virtual reality yang menggabungkan obyek nyata kedalam lingkungan virtual. Augmented Reality menggabungkan obyek virtual pada lingkungan nyata (Ronald T. Azuma, 1997). Kelebihan dari Augmented Reality dibandingkan Virtual Reality adalah pengembangannya yang lebih mudah dan murah (Kauffman, 2002).
Dalam kelebihan tersebut Augmented Reality memiliki banyak peluang untuk terus dikembangkan
diberbagai bidang, salah satunya dalam bidang edukasi khususnya sebagai alat
bantu dalam proses belajar mengajar.
Oleh karena itu, penulis mencoba untuk mengangkat judul
AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA TENTANG PENGENALAN PLANET-PLANET DALAM TATA SURYA
Diharapkan dengan adanya media pembelajaran berbasis Augmented Reality ini, proses pembelajaran dapat terlaksana dengan
baik tanpa terhambat oleh terbatasnya alat peraga atau peralatan praktikum.
1.2 Tujuan
Penulisan
Tujuan dari
penulisan ini yaitu merancang media pembelajaran berbasis Augmented Reality dan menerapkan teknologi ini sebagai alat bantu
mengajar yang diharapkan mampu mempermudah pemahaman tentang pengenalan planet
dalam system tata surya serta dapat mengatasi akan keterbatasan alat peraga
dalam proses belajar.
dampak positif teknologi
BalasHapussewa genset purwokerto
BalasHapus