Rabu, 15 Mei 2013

PENDAHULUAN



BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Masalah
        Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat cepat terutama dibidang komputer multimedia. Multimedia dapat mempermudah seseorang untuk berinteraksi secara interaktif. Penggunaan multimedia merupakan suatu sarana media untuk mendukung penyajian informasi. Informasi yang disajikan dengan multimedia sangatlah membantu termasuk dalam bidang edukasi untuk murid-murid sekolah.
         Alam semesta memang tak terkira luasnya, terdapat kira-kira lebih dari 100 miliar galaksi. Galaksi adalah suatu sistem bintang yang berjumlah miliaran. Tata surya kita adalah salah satu anggota galaksi Milky Way (Galaksi Bimasakti). Sistem tata surya terdiri atas matahari sebagai pusat, yang di kelilingi delapan planet dan bulan-bulannya serta benda-benda kecil antar planet, di antaranya adalah asteroid, komet dan meteoroid. Sedangkan definisi Planet itu sendiri adalah benda angkasa yang tidak mempunyai cahaya sendiri, berbentuk bulatan, dan beredar mengelilingi bintang (Matahari). Dan delapan planet yang mengitari matahari yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus & Neptunus. 
         Untuk penyajian materi yang lebih hidup, interaktif serta menarik, penulis memanfaatkan teknologi baru saat ini yaitu Augmented Reality. Augmented reality (AR) adalah teknologi yang digunakan untuk menggabungkan obyek pada dunia maya ke dunia nyata secara real-time. Teknologi Augmented Reality ini prinsipnya secara umum masih sama dengan Virtual Reality, yaitu bersifat interaktif, immersion, real-time dan obyek virtual biasanya berbentuk tiga dimensi. Namun kebalikan dari virtual reality yang menggabungkan obyek nyata kedalam lingkungan virtual. Augmented Reality menggabungkan obyek virtual pada lingkungan nyata (Ronald T. Azuma, 1997). Kelebihan dari Augmented Reality dibandingkan Virtual Reality adalah pengembangannya yang lebih mudah dan murah (Kauffman, 2002).
       Dalam kelebihan tersebut Augmented Reality memiliki banyak peluang untuk terus dikembangkan diberbagai bidang, salah satunya dalam bidang edukasi khususnya sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar.
Oleh karena itu, penulis mencoba untuk mengangkat judul AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA TENTANG PENGENALAN PLANET-PLANET DALAM TATA SURYA Diharapkan dengan adanya media pembelajaran berbasis Augmented Reality ini, proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik tanpa terhambat oleh terbatasnya alat peraga atau peralatan praktikum.  
                                                                                                                                                   1.2       Tujuan Penulisan

        Tujuan dari penulisan ini yaitu merancang media pembelajaran berbasis Augmented Reality dan menerapkan teknologi ini sebagai alat bantu mengajar yang diharapkan mampu mempermudah pemahaman tentang pengenalan planet dalam system tata surya serta dapat mengatasi akan keterbatasan alat peraga dalam proses belajar.  

2 komentar: