Minggu, 04 November 2012

GPS (Global Positioning System)

Salah satu contoh implementasi telematika adalah Sistem Navigasi atau GPS.  GPS adalah GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat. Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa bergantung waktu dan cuaca, bagi banyak orang secara simultan. Bila Anda ingin lebih cepat sampai ke tempat yang dituju tanpa harus bertanya ke sana kemari, maka alat GPS yang dimuati peta elektronis daerah tujuan Anda memang merupakan sarana yang tepat. Begitu pula dengan membawa GPS ke mana pun melangkah, maka bila terjadi musibah dalam perjalanan, operator di stasiun pemantau akan segera melacak posisi Anda. Karena itu, tindakan penyelamatan dapat segera dilakukan.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0lf_-426bf-tvSSx5kKnxW_tQpYnLF830FV_vCoDJUlJX5UEXfUL9NJWCpeVJeDBHXiR3OBWWzwexCOpwJzybtummWedrCQqXLAP-aAbpZTYpT_D_n7Ww_ppaDemy2s5oKBm0KGfOaLU8/s1600/GPS.gif


Namun ada pula kekurangan dari GPS itu sendiri diantaranya Penggunaan GPS untuk mengetahui posisi yang mengandalkan setidaknya tiga satelit ini tidak selamanya akurat. GPS ini dipengaruhi oleh posisi satelit yang berubah dan adanya proses sinyal yang ditunda. Kecepatan sinyal GPS ini juga seringkali berubah karena dipengaruhi oleh kondisi atmosfer yang ada.

2 komentar:

  1. terimakasih untuk penjelasan singkat dan padat sangat bermanfaat seklai Jual GPS

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus